Langsung ke konten utama

PRINSIP-PRINSIP DESAIN PUBLIKASI

   Jika kalian ingin tau,desain publikasi memiliki beberapa prinsip yang munggkin bisa membantu kalian dalam memahami desain publikasi.Berikut dalah prinsip-prinsip desain publikasi :

  • -Keseimbangan
  • -Irama
  • -Penekanan
  • -Kesatuan



1.KESEIMBANGAN
  Keseimbangan sama dengan dua buah benda yang sama beratnya/bobotnya.Dalam hubungan desain grafis, kita membicarakan tentang bobot visual.setiap elemen pada sebuah visual  memiliki bobot yang telat di tentukan oleh ukuran gelap atau terang serta tebal  atau tipis sebuah garis. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan,yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari eleen agar merata ke kiri dan kanan dari pusat/tengah.Yang keduanya merupakan keseimbangan simetris yang merupakan pengaturan yang berbeda agar dua sisi memiliki bobot visual yang sama.Warna ,nilai,ukuran bentuk,dan teksture dapat digunakan sebagai unsur penyeimbangan.



  • 2.IRAMA
  •    Ritme/irama adalah pola yang dibuat oleh elemen-elemen secara berulang dan bervariasi.Pengulangan(mengulangi unsur serupa secara konsisten ) dan variasi(perubahan dalam bentuk,ukuran,posisi,dan elemen) adalah kunci untuk ritme visual.Irama dalam desain grafis adalah pengulangan atau variasa pada unsur-unsur desain, Irama bisa dihasilkan dari pengulangan unsur-unsur yang sama dengan cara yang konsisten, atau unsur-unsur yang berbeda (dari segi bentuk, ukuran, posisi, atau unsur) tapi membentuk pola berirama.


  • 3.PENEKANAN
  •     Penekanan adalah bagian dari desain yang menarik penggunanya dengan kata lain, poin utama. Idealnya, hal ini harus menjadi bagian terpenting dari desain, apakah itu judul, gambar, atau CTA (Call to Action).Penekanan (Emphasis) atau focal point adalah bagian yang dibuat menonjol untuk menarik perhatian yang melihat. Dapat dilakukan dengan memberikan kontras baik bentuk, warna, tekstur, dlsb. Gambar di kiri: Contoh penggunaan kontras warna untuk menekankan bahwasnnya BMW lebih cepat daripada superhero The Flash.Tujuan penekana dalam desain untuk menambahkan penekana pada sudut objek menciptakan titik fokus,yang menarik perhatian audiens.


  • 4.KESATUAN
  •     Kesatuan (unity) dalam desain grafis berarti kohesi,kosistensi,keutuhan, dan keselarasan semua unsur desain. Dengan memperhatikan prinsip kesatuan, karya yang kita buat bisa lebih padu dan menghasilkan tema yang kuat.Mengapa kesatuan penting dalam sebuah desain,Kesatuan menyatukan semua elemen dalam desain  sehingga terasa lengkap seperti setiap elemen dalam desain  harus berada disana. Anda tidak pernah ingin memiliki desain yang tidak memiliki fokus nyata dengan elemen yang ditempatkan secara acak. Anda dapat menganggap kesatuan dalam desain grafis sebagai jenis branding, sesuatu yang langsung dapat dikenali.



Komentar