Langsung ke konten utama

PRINSIP-PRINSIP DESAIN PUBLIKASI

   Jika kalian ingin tau,desain publikasi memiliki beberapa prinsip yang munggkin bisa membantu kalian dalam memahami desain publikasi.Berikut dalah prinsip-prinsip desain publikasi :

  • -Keseimbangan
  • -Irama
  • -Penekanan
  • -Kesatuan



1.KESEIMBANGAN
  Keseimbangan sama dengan dua buah benda yang sama beratnya/bobotnya.Dalam hubungan desain grafis, kita membicarakan tentang bobot visual.setiap elemen pada sebuah visual  memiliki bobot yang telat di tentukan oleh ukuran gelap atau terang serta tebal  atau tipis sebuah garis. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan,yang pertama adalah keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari eleen agar merata ke kiri dan kanan dari pusat/tengah.Yang keduanya merupakan keseimbangan simetris yang merupakan pengaturan yang berbeda agar dua sisi memiliki bobot visual yang sama.Warna ,nilai,ukuran bentuk,dan teksture dapat digunakan sebagai unsur penyeimbangan.



  • 2.IRAMA
  •    Ritme/irama adalah pola yang dibuat oleh elemen-elemen secara berulang dan bervariasi.Pengulangan(mengulangi unsur serupa secara konsisten ) dan variasi(perubahan dalam bentuk,ukuran,posisi,dan elemen) adalah kunci untuk ritme visual.Irama dalam desain grafis adalah pengulangan atau variasa pada unsur-unsur desain, Irama bisa dihasilkan dari pengulangan unsur-unsur yang sama dengan cara yang konsisten, atau unsur-unsur yang berbeda (dari segi bentuk, ukuran, posisi, atau unsur) tapi membentuk pola berirama.


  • 3.PENEKANAN
  •     Penekanan adalah bagian dari desain yang menarik penggunanya dengan kata lain, poin utama. Idealnya, hal ini harus menjadi bagian terpenting dari desain, apakah itu judul, gambar, atau CTA (Call to Action).Penekanan (Emphasis) atau focal point adalah bagian yang dibuat menonjol untuk menarik perhatian yang melihat. Dapat dilakukan dengan memberikan kontras baik bentuk, warna, tekstur, dlsb. Gambar di kiri: Contoh penggunaan kontras warna untuk menekankan bahwasnnya BMW lebih cepat daripada superhero The Flash.Tujuan penekana dalam desain untuk menambahkan penekana pada sudut objek menciptakan titik fokus,yang menarik perhatian audiens.


  • 4.KESATUAN
  •     Kesatuan (unity) dalam desain grafis berarti kohesi,kosistensi,keutuhan, dan keselarasan semua unsur desain. Dengan memperhatikan prinsip kesatuan, karya yang kita buat bisa lebih padu dan menghasilkan tema yang kuat.Mengapa kesatuan penting dalam sebuah desain,Kesatuan menyatukan semua elemen dalam desain  sehingga terasa lengkap seperti setiap elemen dalam desain  harus berada disana. Anda tidak pernah ingin memiliki desain yang tidak memiliki fokus nyata dengan elemen yang ditempatkan secara acak. Anda dapat menganggap kesatuan dalam desain grafis sebagai jenis branding, sesuatu yang langsung dapat dikenali.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

JENIS-JENIS KAMERA DAN PENJELASAN

           Tau ah kalian,ada beberapa jenis kamera yang digunakan untuk menggambil gambar,tentunya dengan berbeda beda fugsi dan hasilnyapun beda.Ini adalah beberapa jenis kamera dan penjelasanya: Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR) Kamera Single Lens Reflex (SLR) Copact Digital atau Kamera Pocket Kamera Mirrorless Actin Camera Bridge Camera (Prosumer)  Boutique Camer Kamera Medium Forma 1. Kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR)       Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.DSLR kamera digital menggabungkan optik dan mekanisme kamera single-lens reflex dengan sensor digital imaging. Dalam desain refleks, cahaya berjalan melalui lensa, kemudian ke cermin yang bergantian untuk mengirim foto ke salah satu jendela bidik atau sensor gambar.Kamera DSLR bisa merekan video d...

APA ITU FOTOGRAFI?

     Fotografi adalah proses melukis/menulis dengan menggunakan media cahaya. Sebagai istilah umum, fotografi berarti proses atau metode untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu objek dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai objek tersebut pada media yang peka cahaya.kalo untuk photografi kalian bisa menggunakan beberapa angel yang menarik,contohnya :    Normal Angle (Eye level) High Angle (Sudut tinggi) Low Angle (Sudut rendah) Bird view Angle (Sudut sangat tinggi) Frog eye Angle (Sudut sangat rendah) PENJELASA ANGEL-ANGEL KAMERA : 1.Normal Angle (Eye Level)        Normal Angle adalah sudut pengambilan gambar sejajar  dengan objek. Hasil dengan teknik ini menggambarkan pandangan mata seseorang dengan ketinggian yang sama dengan objek foto,sudut pandang eye level dibuat sejajar dengan mata atau objek yang dibidik,posisi kamerapun tidak miring ke atau atau ke bawah,posisi ini mer...

KESEHARIAN PKL DI CYBERLABSS

       Jadi hari ini tuh aku lumayan ngantuk ya pas pergi ke kantornyaa,soalnya semalem engga bisa tidur engga tau kenapaa,mana kalo tidur kebangun terus lagi:(,tapi seperti biasa pas masuk kantor salim dulu ke kang maman terus duduk di tempat biasaa yaitu di bawah pohon sakuraaa,omgg ini adalah tempat favorite aku. seudah itu aku ngerjain dulu tugas video soalnya tadi di kasih sama teh ochi,jadi pas udah nyelesain tugas video dan alhamdullilahnya engga di revisi heheh,terus pas udaah gitu aku buka laptop dan ngerjain dulu blog,kenapa ngerjain dulu blog? ya karna aku engga ada tugas lagi soalnya kan postingan ig udah beres,terus kalo untuk logo aku ufah ada sii,cuma aku masih nyari-nyari gitu referensinya. dan karna aku engga ada kerjaan jadi aku coba logi ke corel,soalnya ini aku ada aplika coler tapi belum pernah di pake,karna aku gabut jadi aku mau pakee ehh ternyata harus login duluu,jadi aku tanya-tanya deh ke kakak aku soalnya takut salah. dan karna kakak aku b...