Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual,seperti tipografi,fotografi,gambar,teks,warna,dan sebagainya,untuk menyampaikan informasi secara efektif serta ilustrasi yang dimaksudkan untuk menciptakan presepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual dan desain komunikasi.Contoh penerapan desain grafis selain pada kemasan produk, di antaranya poster, papan iklan, brosur, dan masih banyak lagi.Seiring dengan majunya ilmu dan teknologi, desain grafis berkembang menjadi tiga fungsi dasar yakni,(1) identifikasi, (2) instruksi dan informasi, (3) promosi dan presentasi.
Identifikasi adalah penempatan atau penentuan identitas seseorang atau benda pada suatu saat tertentu. menganalisa secara lebih mendalam akan sebuah hal, suatu proses atau benda.identifikasi dapat dimaknai sebagai proses untuk membuktikan atau mengenali sesuatu. Misalkan dalam melakukan registrasi di aplikasi dengan keamanan tinggi, biasanya kita perlu melakukan identifikasi ulang. Aplikasi perlu mengenali siapa yang membukanya.identifikasi berkaitan dengan teori identitas sosial.
identifikasi sosial atau social identification merupakan proses kognitif dimana individu menganggap dirinya memiliki kualitas atau karakteristik yang sama dengan kelompok sosial tertentu.
2.INSTRUKSI DAN INFORMASI
Instruksi atau perintah adalah bentuk informasi yang dikomunikasikan untuk menerangkan bagaimana aksi, tingkah laku, metode, atau tugas akan dimulai, diselesaikan, diadakan, atau dilaksanakan.
Informasi adalah keterangan, pernyataan, gagasan, dan tanda-tanda yang mengandung nilai, makna, dan pesan, baik data, fakta maupun penjelasannya yang dapat dilihat, didengar, dan dibaca yang disajikan dalam berbagai kemasan dan format sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi secara elektronik.
Apasih bedanya instruksi dan komunikasi?
Informasi ada untuk ditarik, sedangkan Instruksi biasanya didorong ke pelajar .
3.PROMOSI DAN PRESENTASI
Promosi bertujuan untuk merangsang permintaan akan barang atau jasa perusahaan . Strategi promosi dirancang untuk menginformasikan, membujuk, atau mengingatkan khalayak sasaran tentang produk tersebut. Desain promosi dapat bervariasi dari poster dan bungkus kendaraan hingga mug dan pulpen bermerek yang dapat dibawa pulang oleh orang-orang. Tujuan dari desain promosi adalah untuk membantu menciptakan eksposur untuk bisnis Anda . Desain promosi yang kuat akan menuntut perhatian dan membantu bisnis Anda menonjol dari keramaian.
Presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Presentasi harus dilaksanakan dengan baik agar setiap maksud yang akan disampaikan oleh presentator/presenter dapat dipahami dan menarik perhatian audience.Dengan adanya tampilan presentasi yang bagus maka dapat dipastikan mayoritas yang hadir di ruangan akan menjadi lebih bersemangat.Karena desain yang bagus membuat orang menjadi senang melihatnya dan otomatis lebih fokus dengan apa yang disampaikan.
CONTOH DESAIN GRAFIS :
1. Desain Grafis Visual Identity.
Komentar
Posting Komentar